Followers

http://www.youtube.com/user/81djoko?feature=mhee Adsense Indonesia Adsense Indonesia

SBY masih tetap unggul mulai caleg hingga pilpres

Tunggakan penyelesaian kasus hukum dan melanjutkan pemberantasan tindak korupsi merupakan tantangan bagi pada kontestan Pilpres 2009. Tapi agenda penting ini seolah tertelan janji-janji pertumbuhan ekonomi yang dihembuskan pasangan kontestan Pilpres 2009 di dalam kampanyenya.

"Penegakan hukum dan pemberantasan korupsi ternyata tidak menjadi prioritas utama. Isu yang lebih menjadi fokus dalam kampanye adalah pertumbuhan ekonomi," kata Emerson Yuntho, anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW).

Pasangan JK-Wiranto dan Mega-Prabowo sejauh ini masih asyik memainkan isu ekonomi kerakyatan serta neoliberal. Dua isu itu yang lebih mereka perbesar porsinya dibanding dengan penegakan hukum dan perang melawan korupsi.

Sebaliknya pasangan SBY-Boediono sedari awal telah menekankan program-program hukum dalam kampanye mereka. Bukan pada upaya penegakan hukum saja, namun juga detail dari cara pencegahaan
terjadinya tindak korupsi.

"Ini juga masih sebatas komitmen, yang konkretnya belum ada. Sebab yang paling penting adalah apa turunan dari janji dan komitmen itu," sambung Emmerson.

Penyesalan serupa juga disampaikan Rudi Satrio, pengamat hukum UI. Faktor yang membuat SBY lebih unggul dibandingkan JK dan Mega dalam isu penegakan hukum adalah pengalamannya berkerja bersama KPK selama lima tahun terakhir.

"Capres yang lain masih standar, belum kelihatan. Tapi jelas bahwa mereka harus peduli juga soal anti korupsi karena ini kan masalah nasional,

Tidak ada komentar: